Liburanku

Pada hari pertama liburan yaitu pada tanggal 19 Desember 2015 saya mengantarkan adik saya ke sokolah nya untuk mengikuti sebuah acara yaitu sebuah pertunjukan tari di sekolah nya untuk pembukaan turnamen bola basket dan sepak bola. Setelah itu saya pergi ke lia untuk melakukan sebuah test di sana. Sepulang dari lia aku pergi ke kebon manggis untuk bermain di sana selagi menunggu adik danibu saya. Saat di sana saya hanya bermain computer dan hp bersama adik sepupusay dan sepupu saya.
            Pada hari minggunya saya hanya di rumah saja karena memang tidak ada kerjaan lain hanya main dan nonton. Hanya pada saat siang hari saya pergi ke mal kelapa gading. Pada hari kedua sangat membosanka.
             Pada hari senin sampai hari sabtu saya hanya menghabiskan waktu saya ke rumah kebon manggis untuk bermain di sana karena di rumah saya tidak ada orang saya hanya bermain laptop saja. Pada hari jumat saya pergi ke mal kelapa gading lagi karena mengikuti ibu saya.
            Pada hari minggu saya dan keluarga saya berkemas kemas untuk berangkat umroh ke esokan harinya. Selain itu saya hanya bermain dan beristirahat saja.
            Pada hari seninnya kami berangkat ke bandara pada pagi hari dan membuat kartu member garuda lalu menunggu di louge sekitar 4-5 jam jadi saat di bandara sangat membosankan. Pada saat jam 7 malam pesawat sudah dating dan kami mulai bording saat di pesawat saya membaca al quran karena kata ibu saya jika saya hatam quran saat umroh saya akan di belikan mac book walaupun pada akhirnya tidak di belikan juga selain baca quran saya hanya menikmati sarana yang ada di pesawat seperti nonton video yang di sediakan di pesawat dan mendengarkan music.
            Kesekoan harinya saat kami sudah mendarat di badara Arab Saudi di Jeddah kami naik bus dan baru memasuki bandaranya di sana kami mengambil koper kami lalu kami menuju bus lalu memulai perjalanan ke madinnah menggunakan bus dengan perjalanan sekitar 5 jam hal yan bisa di lakukan di bus hanya makan, main, baca al quran dan tidur.
 Kesokan harinya saatb sudah sampai di madinnah kami memasuki hotel dan menaruh barang-barang seperti koper dan tas tenteng di hotel dan langsung menuju masjid nabawi untuk melakukan sholat subuh. Saat kami mulai memasuki masjid perbedaannya sangat jauh dengan masjid di Indonessia bila di Indonessia masjid sudah ¾ penuh itu sudah sangat bagus tapi di sana bila masjid tersebut belum sampai jamaahnya tidak sampai keluar masjid berarti itu masih sedikit bahkan isinya saja terdapat ratusan al quran dan tempat meminum air zamp-zam dan sangat megah bisa di bilang 5 kali lipat bahkan lebih di bandingkan masjid bank Indonessia yang sudah kelihatan sangat besar tetapi masji Nabawi tersebut bisa menampung hingga 1 juta jamaah sekaligus itu pun belum termasuk di luarnya. Setelah shalat subuh kegiatan kami makan pagi, istirahat, foto-foto, tur keliling masjid nabawi, shalat dan baca quran.
Kesokan harinya sama saja seperti hari pertama tetapi perbedaannya kami melakukan tur keliling madinnah seperti ke masjid quba dan lain-lain.
Pad hari ketiga kegiatan pada pagi hari sama tetapi pada saat siang kami harus sudah berkemas dan menuju mekah sebelum menuju mekah kami menuju tempat miqot unruk niat umroh di sana lalu kami memulai perjalanan dan shalat magrib dan isya di sebuah masjid di jalan. Lalu kami melanjutkan perjalanan sekitar 5 jam lalu pada  saat sampai hotel kami makan terlebih dahulu lalu kami ke kamar menaruh barang-barang lalu menuju masjidil haram untuk melakukan ibadah umroh.
Saat kami melakukan ibadah umroh tersebut kami melakukan tawaf yaitu berputar mengelilingi ka’bah 7 kali dengan membaca doa lalu sholat di belakang makom Ibrahim  lalu minum air zam-zam lalu melkukan sya’I yaitu jalan dan berlari-lari kecil dari bukit shofa ke bukit marwa 7 kali lalu sesudah itu kami tahalul lalu kami kembali ke hotel lalu kami istirahat tidur lalu kami shalat subuhlalu sarapan lalu istirahat tidur lalu kami melakukan kegiatan sehari-hari shalat dll.
masjid-nabawi.jpgKesokan harinya kami melakukan kegiatan sehari-hari biasa lalu ke esokan harinya lagi kami melakukan tawaf sukun untuk mendapatkan pahala lebih lalu pada hari terakhir kami melakukan tawaf wada yaitu tawaf perpisahan lalu kami melakukan citi tour mekah lalu kami menuju bandara lalu kami pulang lewat pesawat dan saat di pesawat saya hanya baca quran 9 jam hanya di jeda makan dan pipis. Saat udah sampai Jakarta pada hari Selasa kami mengambil barang-barang kami lalu kami pulang dan melanjutkan kegiatan sehari-hari.