Komunisme


          Komunisme adalahpaham yang tidak setuju dengan kepemilikan barang prinbadi dan beranggapan bahwa semua barang produksi harus menjadi milik bersama. Ini bertujuan agar tidak adahirarkiburuh-pemilikmodal karena sistem kapitaliscenderung mengekploitasi manusia.
          Selama kita belajar dari jenjang SD sampai SMA atau bahkan sampai pada masa kuliah, bahwa komunisme akan menghancurkan Pancasila, tapi apakah hal itu benar?
          Memang benar bahwa banyak poin-poin dari Komunisme yang bertentangan dengan Pancasila. Akan tetapi bukankah banyak poin-poin dari Liberalisme juga bertentangan dengan Pancasila, lalu mengapa kita hanya diberi tahu bahwa Komunisme yang akan menghancurkan Pancasila mengapa tidak Liberalisme? Bahkan jika kita diberi tahu bahwa Kapitalisme itu buruk atau salah satu anak dari Liberalisme, mengapa mereka tidak disebut sesering Komunisme?
          Memang terbukti bahwa Komunisme dapat menghancukan Pncasila, tapi kita tidak noleh lupa bahwa negara pertama yang menjajah kita berpaham Liberalisme, lalu mengaa bangsa kita lebih membenci Komnisme? Apakah kaena penyiksaan para Jenderal?
          Jika begitu bukankah Belanda dan Jepang yang berpaham Liberalisme juga menyiksa Bangsa Indonesia selama ratusan tahun. Kita harus ingat bahwa Pancasila itu terbentuk berdasarkan poin-poin yang dianggap baik oleh orang Indonesia dari Ideologi Komunisme dan Liberalisme. Tanpa Komunisme Pancasila yang sekarang tidak akan terbentuk.
          Kita juga tidak boleh lupa bahwa pemberontakan atas penjajah pertama adalah orang berpaham Komunisme dengan pelopor pemberontakan Henksneevliet. Jadi bila Komunisme kembali ke Indoneia kita harus selektif dalam mengambil maknaya seperti yang telah kita lakukan dengan Ideologi Liberalisme selama ini.    

Komentar

Postingan Populer